Sobat TKJ Cianjur Mengambil tema Evaluasi Malware 2007, Trend 2008 dan Antispasinya, PT. Vaksincom kembali mengadakan seminar mengenai keamanan komputer dan data yang tersimpan didalamnya. Seminar satu hari yang dilaksanakan pada tanggal 21 November 2007, bertempat di Club House Apartemen Pavilion ini menghadirkan beberapa pembicara terkemuka di bidang teknologi informasi, khususnya security data.

Pembicara yang hadir antara lain, Alfons Tanujaya, selaku Antivirus Specialist PT. Vaksincom; Harijanto Pribadi, selaku ISP Admin & Microtik Expert; Adang Juhar Taufik, selaku Senior Vaksinis PT. Vaksincom; dan Ono W. Purbo, selaku Indonesia ICT Expert.

Dari keempat pembicara tersebut menyajikan sejumlah presentasi menarik seputar keamanan data, khususnya penanganan secara efektif dan efesien untuk menangkal beberapa program jahat yang selama ini telah beredar luas dikalangan pengguna PC, serta antisipasi trend sejumlah virus, spam, spyware, dan trojan di tahun 2008.

Image
Harijanto Pribadi, ISP Admin & Microtik Expert

Seperti yang dipaparkan oleh Harijanto Pribadi, selaku ISP Admin & Microtik Expert dengan memberikan presentasi yang mengambil tema Aplikasi Mekanisme Pertahanan DDos untuk ISP dan SME.

"Secara singkat DDoS adalah bentuk serangan untuk melumpuhkan jaringan atau komputer korban dengan mengirim paket-paket data yang sangat banyak dari sekian banyak mesin atau komputer lainnya yang telah menjadi zombie sehingga jaringan atau komputer tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik karena resource yang ada dihabiskan oleh paket-paket data DDoS tersebut sehingga jaringan atau komputer korban menjadi lumpuh" ujar Harijanto Pribadi.

"Zombie atau komputer yang melakukan penyerangan bisa saja komputer yang terinfeksi virus atau tersusupi oleh trojan. Oleh karenanya hal ini seperti ini harus segera ditangani untuk mengantisispasi serangan yang lebih luas".
Image
Adang Juhar Taufik, Senior Vaksinis PT. Vaksincom

Pembicara lainnya, seperti Alfons Tanujaya, selaku Antivirus Specialist PT. Vaksincom mempresentasikan mengenai Evaluasi Malware 2007, Trend 2008 dan Antispasinya. Dipaparkan oleh Alfons Tanujaya, "Sangat beragam variasi virus, trojan, dan spyware yang telah mengancam pengguna PC ditahun 2007. Virus lokal cukup dominan untuk merusak data atau file yang dimiliki oleh pengguna komputer.

Diperkirakan pada tahun 2008, virus regenarasi dari Rontokbro masih terus mendominasi. Selain itu, Virus Messenger, Worm, Spyware, Spam, dan pembobolan transaksi keuangan via Internet menjadi sebuah ancaman yang cukup serius. Puncaknya adalah kemampuan para pembuat virus untuk menembus sistem operasi Windows Vista".

Pada kesempatan tersebut, Adang Juhar Taufik, selaku Senior Vaksinis PT. Vaksincom memberikan presentasi mengenai Virus Lokal, Analisa & Antisipasinya, serta Ono W. Purbo, selaku Indonesia ICT Expert yang menyajikan prosentasi mengenai pemanfaatan program Blacklist Monitor.

Sumber : Chip.co.id

0 komentar:

Komentar


 

Didamel Ku Asep Moh. Muhsin | Persembahan dari Cianjur Blogger Community (CBC)