Tutorial Web Page

Sobat TKJ Cianjur edisi ini kita akan belajar tutorial pembuatan web, bagaimana sudah siap, kesiapan anda harus siap membuka halaman wen TKJ Ciajur Setiap hari, karena setiap hari tutorial ini akan di bahas. tutorial ini ditujukan untuk newbies, para pendatang baru di internet. Jika anda termasuk ahli dalam bidang ini, dengan pengalaman segudang (atau dua), tulisan ini mungkin membosankan anda. Barangkali anda punya cara atau pilihan sendiri, tapi yang berikut ini adalah pendapat saya.

Pertama-tama, anda akan mendapati bahwa belajar membuat homepage (lebih tepat kalau saya katakan web page) tidaklah sulit. Sangat sederhana bahkan. (Untuk selanjutnya saya akan gunakan istilah web page, tampilan yang anda lihat di browser waktu menjelajah web, seperti yang anda baca sekarang. Tampilan ini biasanya merupakan gabungan tulisan, gambar, dan bisa dilengkapi dengan suara, animasi dan lain-lain. Saya belum menemukan padanan bahasa Indonesianya yang cocok dan enak di telinga.) Web page pada dasarnya adalah sebuah file, file HTML persisnya. Disebut demikian karena file ini berakhiran .htm atau .html. HTML adalah singkatan dari Hyper Text Mark-up Language.

Mari kita mulai. Jika saat ini anda mempunyai program khusus untuk membuat file HTML, yang katanya mampu membuat web page secara mudah, lupakan saja. Cara paling jelek untuk belajar adalah menggunakan salah satu dari program-program ini. (Walaupun ada di antaranya yang bisa sedikit membantu, program-program tersebut baru akan bermanfaat jika anda sudah mempelajari dasarnya. Jadi tidak usah dipikirkan dulu saat ini.) Lalu program apa yang paling baik digunakan untuk belajar HTML? Notepad. Program pengolah kata kecil dan sederhana itu? Yang selalu ada kalau kita menginstall Windows? Ya dan ya. Tapi anda punya program besar, kompleks, dan canggih yang mampu menghasilkan web page cukup dengan mengetik dan kemudian klik sana klik sini. Untuk yang satu ini percayalah pada saya. OK? OK.

Program lain yang anda butuhkan adalah browser untuk menampilkan web page yang anda hasilkan. Dua nama yang paling populer adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi secara pribadi saya lebih menyukai yang pertama (oleh karena itu saya tuliskan lebih dulu). Bukan apa-apa, mungkin saya mulai bosan melihat nama dan logo Microsoft di mana-mana. Anda boleh saja menggunakan Internet Explorer, tapi terus terang tulisan ini saya buat dan tes dengan Netscape Navigator (browser ini dilengkapi dengan editor). Kalau anda menggunakan browser lain (adakah yang lain?), saya tidak bisa berkomentar. Saya tidak pernah menggunakannya.

Dengan kedua program tadi di komputer anda, bersiap-siaplah. Saya yakin bahwa dalam waktu kurang dari lima menit lagi anda akan menghasilkan web page anda yang pertama! Buka Notepad.... dan kita beralih ke Pelajaran 1.

0 komentar:

Komentar


 

Didamel Ku Asep Moh. Muhsin | Persembahan dari Cianjur Blogger Community (CBC)